KUTAIPANRITA.ID – Dinas Pariwisata Kalimantan Timur menyebut generasi Z memiliki peranan penting dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di daerah penyangga IKN.
Diketahui, terdapat enam daerah penyangga IKN diantaranya Kutai Kartanegara, Kab. Paser, Kab. Penajam Paser Utara, Kab. Kutai Barat, Kota Balikpapan, dan Kota Samarinda.
“Peran generasi Z sangat dibutuhkan untuk mempromosikan pariwisata dan ekraf di beberapa daerah penyangga IKN,” tutur Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim, Restiawan Baihaqi.
Baihaqi menyebut, generasi Z sangat peka dengan teknologi yang ada sekarang. Hanya bermodalkan handphone atau kamera saja, mereka sudah mampu memvisualisasikan suatu daerah atau tempat yang menarik melalui pembuatan video.
“Saya ingin mereka itu bisa lebih sering membuat video tempat-tempat pariwisata yang ada di Kaltim. Kita punya banyak destinasi wisata seperti Bukit Bangkirai, Pulau Derawan, Pulau Maratua, Wisata Susur Sungai Mahakam, dan sebagainya,” bebernya.
Ia juga mengimbau, para pemuda di Kalimantan Timur bisa mempromosikan destinasi wisata melalui Instagram ataupun TikTok. Pasalnya, dengan cara tersebut wisata di Bumi Etam bisa terdongkrak ke masyarakat luas.
“Bisa tag instagram resminya Dinas Pariwisata Kaltim, nanti kita akan repost video-video mereka. Pesan saya buat semenarik mungkin,” kata Baihaqi.
Kendati demikian, Baihaqi menyampaikan jika tidak hanya anak muda saja yang terlibat dalam mempromosikan pariwisata dan ekraf di Kaltim. Para duta wisata hingga konten kreator pun bisa mempromosikannya.
“Artinya, berbagai macam stakeholder terlibat untuk mempromosikan wisata dan ekraf di Kalimantan Timur. Tujuannya ya untuk memperkenalkan kebudayaan dan keindahan Kaltim itu sendiri,” tandasnya.(adv/disparkaltim/al/fz)